Home » Akuntansi Dasar » Definisi dan Kode Akun / Perkiraan Akuntansi

Definisi dan Kode Akun / Perkiraan Akuntansi

Definisi dan Kode Akun / Perkiraan Akuntansi.  Ada yang bertanya pada kami tentang akun dan perkiraan, apa yang beda dari kedua istilah tersebut. Saya piker ini wajar saja bagi kita yang baru belajar tetang akuntansi. Dari kedua hal tersebut sama sekali tidak ada perbedaan kecuali cara penyebutan saja.

Akun / perkiraan adalah suatu daftar yang di gunakan dalam system akuntansi untuk menggambarkan posisi saldo akun dan transaksi yang mempengaruhinya.

Sedangkan Kelompok akun sendiri adalah suatu kumpulan akun yang memiliki status dan sifat yang sama. Biasanya kelompok akun di bagi atas : Harta, Kewajiban, Modal, Penjualan, Pembelian, Biaya.

Jadi dari penjelasan tersebut kita sudah mendapat gambaran bahwa Harta tidak bisa di sebut Akun, tetapi Kelompok akun, yang termasuk akun adalah Kas, Pituang dan sebagainya.

Kita juga melihat bahwa dalam sebuah akun biasanya di sertai dengan nomor tertentu. Biasa di sebut sebagai kode perkiraan atau nomor Akun.

Jadi kalau di lihat maka definisi kode akun adalah sebuah kode yang di gunakan untuk menandai satu perkiraan / akun dalam kegiatan akuntansi.

Ada beberapa cara yang di pakai untuk memberikan suatu kode atau nomot terhadap akun yaitu :

1. Numerial : Hal ini di di maksudkan dengan menggunakan angka sebagai kode yang dipilih contoh :

  1. Akun Kas : 1.1
  2. Piutang : 1.2

2. Mnemonic : Nemonik adalah menggunakan huruf alphabet sebagai kode yang diplih contoh :

  1. Akun Kas : A.a
  2. Piutang : A.b

3. Sistem Desimal : Sistem desimal adalah menggunakan dasar angka digit sebagai kode, contoh :

  1. Akun Akumulasi Penyusutan Peralatan : 121.1
  2. Akun Akumulasi Penyusutan Kendaran : 122.1

Silahkan baca artikel : Chart Of Account untuk memahami lebih lengkap.

Dari penjelasan tersebut saya harap anda sudah paham dan mengerti tentang pengertian akun atau perkiraan dan cara pengkodean akun. Ketika anda menemukan ada kode yang menggunakan sistem Numerial atau Mnemonic tidak usah terlalu di permasalah kan yang penting anda pahan dengan kode tersebut dan cara penggunaannya.