Home » Akuntansi Dasar » Pengertian Akun Rill Dalam Akuntansi

Pengertian Akun Rill Dalam Akuntansi


Pengertian Akun Riil Dalam Akuntansi.  Hari ini kita coba membahas tentang akun riil yang di tanyakan oleh seorang pengujung. Padahal akun Riil Sendiri sudah sering di bahas dalam blog ini. Kata lain dari akun riil adalah Akun neraca, ketika anda tau hal tersebut maka saya yakin anda akan langsung mengatakan ternyata itukah akun riil.

Akun Riil atau akun neraca adalah akun yang termasuk dalam unsur neraca yang di bagi dalam 3 kelompok yaitu Harta, Utang dan Kewajiban (Aktiva / Asset, Liability, dan Ekuitas). Baca artikel : Neraca dan Unsur-unsurnya.

Jadi kembali dalam artikel Pengertian Akun Riil Dalam Akuntansi ini kita kembali mengulang materi yang telah pernah kita bahas. Makanya saya katakan bahwa memahami akuntansi itu akan lebih baik jika di lakukan dengan praktek dan bukan dengan mengetahui dan menghafal istilah Kamus akuntansi yang bergitu banyak. Carilah cara termudah dalam memahami akuntansi.

Berikut kita akan coba menggambarkan klarifikasi dari akun riil itu sendiri. Perlu untuk di ketahui bahwa yang di bahas dalam klarifikasi ini adalah bukan pengertian atau definisi yang benar menurut akuntansi, karena saya menuntut anda untuk belajar akuntansi dengan cara mudah tanpa terlalu di pusingkan dengan berbagai istilah akuntansi.

Asset

Harta / Aktiva / Asset adalah Semua hak yang dapat di gunakan untuk dan kepentingan operasional sebuah perusahaan. Point ini di kelompokkan dalam beberapa sub kelompok antara lain :

Kas


excel akuntansi perusahaan dagang

Kas / Cash berupa uang tunai uang tunai yang tersimpan baik dalam brangkas kantor, atau dalam bentuk tabungan di bank berupa simpanan atau giro yang dapat di ambil kapan saja.

Deposito

Deposito / simpanan berjangka  adalah simpanan perusahaan pada bank yang dalam bentuk Deposit dan dapat di ambil dalam jangka waktu tertentu. Misalnya deposito 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan.

Surat Berharga

Surat berharga atau Efek adalah obligasi dan saham perusahaan atas kelebihan kas/dana tak terpakai yang di investasikan pada perusahaan lain yang pengelolaanya di serahkan sepenuhnya pada perusahaan penerima.

Piutang

Piutang atau Account receivable adalah hak yang dapat di tagih kepada pihak lain yang telah menggunakan jasa / membeli produk dengan cara kredit.

Itulah beberapa contoh dari sub kelompok asset yang jika membahsa secara total tentunya memerlukan waktu yang lebih banyak. Kemudian :

Kewajiban

Sedangkan Kewajiban / Liability merupakan keharusan yang perusahaan harus bayarkan akibat telah menikmati / menggunakan barang atau jasa kepada pihak yang memberikan barabg atau jasa tersebut secara kredit dan memiliki aturan jangka waktu pengembalian tertentu.

Modal

Modal / Ekuitas adalah segala kekayaan bersih perusahaan yang dimiliki. Yang atinya kekayaan bersih tersebut telah du kurangi dengan nilai kewajiban perusahaan.

Dari penjelasan di atas saya kira tidak anda akan lagi di pusingkan oleh Pengertian Akun Riil Dalam Akuntansi yang dipertanyakan tersebut. Dan kembali saya ingatkan bahwa belajar akuntansi itu mudah dan gampang serta jangan di buat susah dengan istilah-istilah dalam bahasa akuntansi itu sendiri.