Home » Teori Akuntansi » Dasar Riset Empiris Akuntansi

Dasar Riset Empiris Akuntansi


Dasar Riset Empiris Akuntansi. Riset biasa juga di sebut sebagai penelitian yang mana setiap ilmu itu memiliki sebuah penelitian atas formula yang di jalankan. Dalam meneliti atau riset itu di butuhkan sebuah dasar penelitian termasuk dalam ilmu akuntansi. Dan sejalan dengan perkembangan jaman, penelitian akan akuntansi terjadi pergeseran arah yang mana penelitian akuntansi sejak tahun 1960 yang di sebut dengan pendekatan klasikal.

Beberapa artikel yang muncul di beberapa jurnal ilmiah akuntansi seperti : the accounting review, journal of accounting research menggunakan berbagai  variasi yang berbeda satu dengan yang lain.  Pendekatan yang pertama yaitu pendekatan klasikal atau pendekatan mainstream approach / positivisme kemudian yang satunya lagi adalah pendekatan radikal / alternatif yaitu menjadikan ilmu pengetahuan sosial lainnya sebagai metodologi.

Pada tahun 1970 terjadi pergeseran pendekatan tersebut dari Pendekatan Normatif ke pada riset empiris. Hal tersebut debabkan oleh :

  1. Pendekatan Normatif dianggap tidak dapat menghasilkan teori akuntansi yang siap di gunakan dalama praktek akuntansi sehari-hari sedangkan,
  2. Pendekatan Empiris (Pemahaman Akuntansi secara empiris) dianggap menfokuskan pendekatan ekonomi serta prilaku  (behavior) yang mana pendekatan ini meminjam metodologi dari ilmu sosial lainnya seperti filsafat, Sosiologi, antropologi dalam memahami akuntansi.

Metode Riset

Dalam beberapa hal dalam melakukan riset ada beberapa metode yang di gunakan seperti berikut :

  • Pendekatan Deduktif (Deductive Approach)
  • Pendekatan Induktif (Inductive Approach)
  • Pendekatan Pragmatis (Pragmatic Approach)
  • Pendekatan Etika (Ethical Approach)
  • Pendekatan Perilaku (Behavioral Approach)
  • Penelitian dengan Metode Ilmiah (Scientific Method of Inquiry)

Mungkin dalam beberapa kesempatan mendatang kita akan coba untuk menjabarkan semua pendekatan riset di atas dengan lebih lengkap dengan harapan akan memberikan penjelasan yang tepat terhadap dasar riset Empiris Akuntansi, terima kasih.