Home » Akuntansi Dasar » Fungsi Laporan Keuangan Secara Singkat

Fungsi Laporan Keuangan Secara Singkat


Fungsi Laporan Keuangan Singkat.  Laporan keuangan adalah gambaran tetang kondisi keuangan perusahaan secara nyata. Mungkin itulah fungsi secara singkat untuk di jelaskan. Tentunya pembuatan laporan keuangan tersebut tidak di buat tanpa tujuan yang jelas. Fungsi laporan keuangan memiliki persamaan definisi dengan Kegunaan Informasi Akuntansi.

Jika kita ingin memilah secara detail dan terperinci maka Fungsi Laporan keuangan atau manfaat informasi akuntansi dapat di bagi menjadi :

  1. Menyusun Perencanaan Kegiatan Perusahaan
  2. Mengendalikan Perusahaan
  3. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan
  4. Pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak Ekstern

Melihat ke 4 poin di atas mari kita coba mendefinisakan satu persatu.

Menyusun Perencanaan Kegiatan Perusahaan

Laporan keuangan memberikan sebuah informasi yang berisi tentang kemampuan dari perusahaan untuk mengerjakan sebuah perkerjaan. Kemampuan yang dimaksud adalah dari segi dana / keuangan. Tentunya gambaran tersebut akan mampu membuat perusahaan untuk merencanakan sebuah kegiatan yang menurut manajemen cocok untuk di laksanakan dan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan. Tujuannya tentu adalah agar perusahaan tidak mengalami kerugian karena menjalankan pekerjaan yang pada pertengahan kehabisan dana dan akhirnya merugikan perusahaan.

Mengendalikan Perusahaan

Selain itu laporan keuangan juga memberikan sebuah gambaran akan beberapa faktor yang mungkin timbul di masa yang akan datang. Gambaran tersebut akan memudahkan pihak manajemen perusahan untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya. Misalnya melihat kondisi perusahaan banyak piutang yang tertunggak, tentu pihak perusahaan akan berusaha untuk mengantisipasi hal tersebut dengan mengurangi penjualan kredit dan meningkatkan penagihan.

Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan

Hampir sama dengan kedua point di atas bahwa dengan adanya laporan keuangan akan memudahkan pihak manajemen untuk mengambil tindakan, perencanaan yang kemudian di tetapkan menjadi sebuah keputusan atas kelanjutan perusahaan.

Pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak Ekstern

Setiap perusahaan akan memiliki keterkaitan dengan pihak luar (ekstern). Misalnya saja dengan pihak yang ingin investasi ke perusahaan, atau pihak pemberi pinjaman seperti bank tentu ingin melihat laporan keuangan yang dimiliki perusahaan. Disinilah fungsi laporan keuangan sebagai pertimbangan. Sedangkan untuk fungsi pertanggung jawaban adalah misalnya pada pihak pajak yang membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung pajak perusahaan.

Nah, itulah 4 point dari Fungsi Laporan Keuangan, Semoga membantu dan jangan lupa baca juga artikel Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi !