Home » Praktek Akuntansi » Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel

Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel


Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel. Pernahkah kita memikirkan bahwa excel adalah program computer yang memiliki fungsi yang banyak. Salah satunya adalah untuk membuat laporan keuangan excel. Sebenarnya cukup mudah membuat laporan keuangan menggunakan excel tetapi anda harus mengetahui beberapa point tentang akuntansi.

Hal pertama yang harus di siapkan adalah sebagai berikut :

  1. Neraca Awal
  2. Jurnal Umum
  3. Jurnal Penerimaan Kas
  4. Jurnal Pengeluaran Kas
  5. Jurnal Penjualan
  6. Jurnal Pembelian
  7. Jurnal Penyesuaian
  8. Buku Besar
  9. Neraca Lajur
  10. Laporan Keuangan ( Neraca, Laporan Rugi Laba dan Laporan Perubahan Modal)

Dari 8 hal yang harus anda siapkan tersebut, yang ada butuhkan hanyalah mengisi semua jurnal di diatas (Point 2 – Point 7) dan selebihnya akan terbentuk secara otomatis.

Rumus yang digunakan pun adalah rumus standar yaitu (Plus, Minus, Bagi, sama dengan ) tak ada rumus susah. Yang harus di perhatikan cuman satu saja yaitu kuasai cara menjurnal yang baik dan benar.

Dari hal tersebut di atas sekali lagi yang saya tekankan bahwa yang di isi sebagai entri adalah pada jurnal saja termasuk jurnal umum dan jurnal penyesuaian. Pada kasus penggunaan begitu banyak jurnal di atas, penggunaan jurnal umum jarang sekali di pakai.

Secara ringkas saya telah membuat contohnya sebagai dasar saja, dan silahkan untuk di kembangkan menjadi lebih sempurna karena saya membuatnya hanya 1 jam saja sehingga masih memerlukan kesempurnaan.

Tujuan cara Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel ini saya maksudkan untuk anda bisa lebih memahami dari siklus akuntansi tersebut.

Beberapa kekurangan dari system ini adalah :

  1. Kesulitan menjurnal tetapi jika sudah terbiasa maka akan lebih mudah
  2. Saya tidak mengfungsikan buku besar padahal bisa saja membentuknya dan dijadikan dasar neraca saldo tapi prosesnya terlalu panjang dan berbelit-belit.
  3. Dilarang melakukan perubahan terhadap rumus fungsi yang ada dalam tabel tersebut kecuali anda sudah paham.

Mudah-mudahan bisa membantu pemahaman anda dalam membuat sebuah software akuntansi sederhana dengan excel atau Membuat Laporan Keuangan Excel. Penasaran, silahkan klik Kompak (Komputer Akuntansi)

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.