Home » Teori Akuntansi » Pengertian Akuntansi Sektor Publik

Pengertian Akuntansi Sektor Publik


Akuntansi Sektor publik memiliki pengertian yaitu  suatu entitas yang aktifitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan pelayanan publik, dalam rangka memenuhi kebutuhan hak publik. Hal terwujudnya akuntansi sektor Publik di karenakan adanya sebuah tuntutan akuntabilitas Publik seperti dalam system penyusunan anggaran sektor publik yang di tuntut adanya transparansi dan responsibility publik.

Adapun tujuan dari Akuntansi Sektor Publik ini adalah sesuai dengan American Accounting Association ( 1970 ) dalam Glynn (1993) menyatakan bahwa tujuan utama PSA :

  1. Memberikan informasi yg diperlukan untuk mengelola secara tepat, efisien, dan ekonomis atas suatu operasi dan alokasi sumber daya ( Management Control System)
  2. Memberikan informasi yang memungkinkan bagi manajer untuk melaporkan pelaksanaan tanggung jawab secara tepat dan efektif program dan penggunaan sumber daya yang menjadi wewenangnya.

Tentunya perlu kita ketahui bahwa sektor publik dan sektor swasta memiliki peran penting yang berbeda. Perbedaan atara sektor publik dan sektor swasta dalam bidang akuntansi dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Tujuan Organisasi, Untuk Akuntansi sektor publik tujuannya adalah non profit motif atau tidak didasari dengan Mencari laba sedangkan sektor swasta adalah profit motive yang artinya mencari pendapatan
  2. Sumber Dana, Akuntansi Publik mencari pendanaan dari sektor pajak, retribusi, Utang dan Laba BUMN/D sedangkan untuk Akuntansi Swasta Dari Modal dan pendapatan, utang, obligasi dan penerbitan sekuiritas.
  3. Pertanggungjawaban, Akuntansi publik di peruntukkan untuk masyarakat umum sedangkan akuntansi swasta untuk pemilik modal dan pemegang saham
  4. Struktur organisasi, akuntansi publik menggunakan system birorasi yang kaku sedangkan akuntasi swasta sifatnya fleksibel fungsional pyramid.
  5. Sistem Akuntansi, Biasanya akuntansi publik menggunakan system cash accounting sedangkan akuntansi swasta menggunkan Accural Accounting

Akuntansi publik sendiri di perkenalkan di Indonesia dan melalui beberapa tahap perkembangan sebagai berikut :

  1. 1952,  Istilah sektor publik, dipakai pertama kali tahun 1952, yang dikaitkan dengan manajemen ekonomi mikro dengan pelaksana pembangunan.
  2. 1970,   dikritik, dengan mempertanyakan peran sektor publik
  3. 1980,  terjadi reformasi sektor publik yang dilakukan dinegara-negara industri maju sebagai jawaban atas berbagai kritikan.

Dan sejak saat itulah Kemudian PSA berkembang pesat sejak dua dasawarsa terakhir, yaitu munculnya ”Akuntabilitas publik”.

Mungkin ini sedikit pembahasan kita tentang akuntansi sektor publik yang akan kita bahas lebih banyak lagi pada masa mendatang.