Home » Teori Akuntansi » Bidang Profesi Akuntansi

Bidang Profesi Akuntansi


Profesi Akuntansi. Ada beberapa jenis profesi yang di hasilkan oleh bidang pendidikan ilmu akuntansi. Tetap berhubungan dengan akuntansi tentunya. Sama seperti dokter, ada dokter mata, dokter syaraf dan sebagainya, tetapi mereka semua adalah dokter. Dalam akuntansi, juga ada bidang-bidangnya atau di kenal dengan istilah profesi akuntansi.

Seorang yang berprofesi dengan bidang akuntansi di sebut Akuntan. Akuntan adalah orang yang ahli dalam bidang akuntansi. Dan adapun bidang profesi akuntansi adalah.

Akuntan Publik

Yaitu orang yang menjual jasa akuntansi kepada perusahaan untuk memperoleh penghasilan atau pendapatan. Termasuk di antaranya pemeriksaan atas keuangan perusahaan, membuat laporan keuangan, menghitung pajak dan lain-lain. Akuntan publik ini bersifat independen, dalam artian bisa bekerja pada banyak perusahaan sekaligus.

Akuntan Pemerintahan

Akuntan pemerintahan adalah orang yang bekerja di pemerintah yang mengerjakan laporan keuangan. Termasuk melakukan pehitungan atas pajak.

Akuntan Intern

Akuntan intern merupakan akuntan yang bekerja dalam satu perusahaan dan hanya menangani laporan keuangan dari perusahaan tempat ia bekerja. Sifat berlawanan dengan akuntan publik.

Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah orang yang bekerja memajukan dunia pendidikan. Baik itu pendidikan di dalam perusahaan atau di lembaga pendidikan.

Jika anda bingung membedakan antara Bidang Profesi Akuntansi dengan Bidang Akuntansi, maka dapat di bedakan sebagai berikut :

  1. Bidang Profesi akuntansi adalah bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang menguasai / ahli dalam ilmu akuntansi, sedangkan.
  2. Bidang Akuntansi adalah cabang-cabang ilmu akuntansi itu sendiri, contoh akuntansi dagang, akuntansi jasa, akuntansi perbankan dan lain sebagainya.

Itulah artikel tentang Bidang Profesi Akuntansi yang coba kami jelaskan secara ringkas. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih !