Home » Contoh Akuntansi » Contoh Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Arus Kas


Contoh Laporan Arus Kas. Arus kas adalah salah satu bagian dari laporan keuangan. Arus kas ini akan menggambarkan tentang penggunaan kas pada tiga bagian aktivitas dari sebuah perusahaan yang berhubungan dengan masalah kas.

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang sumbernya dari penggunaan kas. Dalam bentuk laporan arus kas terdiri atas 3 bagian yaitu :

  1. Kas dari aktivitas operasi
  2. Kas dari aktivitas Investasi
  3. Kas dari Aktivitas Pendanaan

Secara ringkas kami mencoba menjelaskan bagian-bagian tersebut sebagai berikut :

1. Kas dari Aktivitas Operasional

Pada bagian ini, biasanya terdiri atas kegiatan utama perusahaan yang secara langsung memepngaruhi kas seperti Penerimaan piutang, pembayaran utang, Pembayaran gaji karyawan dan sebagainya.

2. Kas Dari Aktivitas Investasi

Untuk masalah Kasd dari Aktivitas Investasi adalah hal yang berkaitan atas perolehan penjualan aktiva tetap dan pembelian aktiva.

3. Kas Dari Aktivitas Pendanaan

Dan untuk masalah kas dari aktivitas pendanaan adalah biasanya pada hal yang berkaitan dengan penambahan atau pengurangan modal.

Dalam menyusun laporan keuangan Arus kas memerlukan pemahaman konsep yang harus memadai. Semahami konsep akuntansi yang di gunakan dalam satu perusahaan tentunya harus ddi pahami dengan baik.

Secara ringkas maka akan kita kami tampilkan sebuah contoh arus kas di bawah ini :

Contoh Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Arus Kas

Dari gambar di atas kita melihat bahwa ketiga komponen yang kita telah sebutkan diatas telah sesuai yaitu, Kas dari aktivitas operasi, Kas dari aktivitas Investasi dan Kas dari Aktivitas Pendanaan.

Demikian artikel kita kali ini tetang Contoh Laporan Arus Kas sebuah perusahaan. Mudah-mudahan bisa mendapat pemahaman tetang cara membuat laporan arus kas yang baik dan benar.