Home » Contoh Akuntansi » Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa

Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa


Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa.  Sebelumnya kita telah membuat sebuah jurnal penutup untuk kasus salon anggi. Dan salon anggi kita angkat sebagai satu contoh siklus akuntansi perusahaan jasa. Proses selanjutnya adalah membuat jurnal pembalik atas contoh soal tersebut (Baca : Salon Anggi)

Dalam kasus ini kita tidak menemukan adanya sebuah pembalikan terhadap sebuah akun tapi kita akan buat contohnya saja.

Seandanya ketika melakukan, Ibu Anggi menetapkan bahwa sewa dibayar di muka langsung di jadikan beban maka akan mendapatkan jurnal umum sebagai berikut :

  • Beban Sewa Gedung (Debet) Rp. 25.000.000
  • Kas (Kredit) Rp. 25.000.000

Hal tersbut ditetapkan oleh ibu Anggi dengan alasan bahwa dana tersebut adalah dana tidak efektif sehingga langsung di bebankan.

Kemudian Pada saat melakukan jurnal penyesuaian maka akan di lakukan penjurnalan sebagai berikut :

  • Sewa Dibayar Dimuka (Debet) Rp. 24.583.333
  • Beban Sewa Gedung (Kredit) Rp. 24.583.333

Dengan demikian maka akan terdapat saldo untuk perkiraan sewa di bayar di muka sesuai dengan neraca yang ada. Kemudian pada ayat jurnal penutup, saldo dari beban Sewa Gedung sudah benar yaitu sebesar Rp. 416.667.

Dan Pada Jurnal Pembalik pembahansan artikel ini adalah :

  • Beban Sewa Gedung (debet ) Rp.  24.583.333
  • Sewa Dibayar Dimuka (Kredit) Rp. 24.583.333

Namun pada contoh kasus Salon Anggi ini kita tidak menggunakan metode tersebut di atas sehingga Jurnal Pembalik tidak di butuhkan karena tidak ada akun yang perlu utunk di balik. Secara jelas untuk mengetahui tetang Kasus Salon Anggi ini mungkin anda perlu untuk mempelajari dari awal sesuai artikel Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.

Demikian Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa ini, mudah-m,udahan ada tambahan pengetahuan dan jika masih ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan melalui kolom komentar fb di bawah.