Home » Praktek Akuntansi » Neraca Akhir / Awal Perusahaan Jasa

Neraca Akhir / Awal Perusahaan Jasa


Neraca Akhir / Awal Perusahaan Jasa. Membuat laporan keuangan pada dasarnya adalaha pekerjaan yang mudah. Sebagaimana telah di buatkan contoh kasus dalam blog ini tentang Salon Anggi. Pada artikel sebelumnya kita telah membuat sebuah jurnal pembalik untuk perusahaan ibu anggi. Kali ini kita akan melanjutkan pada tahap pembuatan Neraca Akhir / Awal Perusahaan Jasa.

Sebagaimana yang ita sebutkan adalah bahwa neraca akhir adalah neraca dari akhir sebuah siklus akuntansi dan berubah menjadi neraca awal (Hanya perubahan nama atau penyebutan saja tanpa merubah isinya) pada siklus akuntansi berikutnya.

Dari kegiatan salon Anggi terlihat saldo sebelum penutupan (Jurnal Penutup) adalah sebagai berikut :

Neraca Perusahaan Jasa

Neraca Perusahaan Jasa

Kemudian ternyata tidak ada kasus pembalikan (Jurnal Pembalik) atas kegiatan dari salon Anggi tersebut. Maka berdasarkan informasi dari jurnal penutup dan Buku besar setelah penutupan maka akan di peroleh neraca sebagai berikut :


excel akuntansi perusahaan dagang
Neraca Akhir

Neraca Akhir

Dari proses jurnal penutupan di dapatkanlah hasil neraca dari proses penutupan dan menggunakan buku besar setelah penutupan sebagai data pencocokan atas neraca yang di hasilkan.

silahkan cocokkan saldo buku besar setelah penutupan sesuai artikel : Posisi Buku Besar Setelah Jurnal Penutup

Pastikan bahwa saldo yang terteta dalam buku besar sesuai dengan saldo pada neraca akhir di atas. Jadi dalam proses siklus akuntansi perusahaan jasa berikutnya untuk salon anggi sisa memakai Neraca Akhir dan Buku Besar diatas.

Mudah-mudahan cara membuat Neraca Akhir / Awal Perusahaan Jasa ini bisa di pahami, jika kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.