Home » Akuntansi Dasar » Penyelesaian Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Penyelesaian Jurnal Umum Perusahaan Dagang


Penyelesaian Jurnal Umum Perusahaan Dagang. Kembali dalam artikel berikut ini adalah penyelesaian Jurnal Umum perusahaan dagang. Jurnal umum ini dibuat sesuai dengan Contoh soal akuntansi perusahaan dagang pada artikel sebelumnya yaitu tentang UKM Pak Jono yang di rubah menjadi Mitra Mart.

Pada Jurnal umu kali ini saya tidak meberikan penjelasan, tetapi saya berharap anda akan mulai mencoba memahami sendiri jurnal tersebut. Tetapi jika anda merasa perlu untuk bertanya boleh menggunakan kolom komentar.

Berdasarkan Soal dari Mirta Mart maka akan di hasilkan sebuah jurnal umum sebagai berikut :

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Dalam melakukan penjurnalan, pastikan bahwa setiap transaksi di pahami betul cara menjurnalnya. Membaca sebuah transaksi harus benar-benar di lakukan dengan teliti sehingga tidak terjadi kesalahan pecatatan laporan keuangan yang bisa mengakibatkan laporan yang tidak akurat.

Penulisan angka yang tpat dan penempatan perkiraan yang juga harus tepat. Karena biasanya tidak menutup kemungkinan bahwa pada satu tanggal yang sama terjasi sebuah transaksi atas satu akun yang memepngaruhi saldo debet kreditnya. Contohnya pada tanggal  9 Februari atau 17 februari dimana piutang dagang dilibatkan debet dan kreditnya. Begitupun dengan tanggal 17 yang mana utang dagan dan piutang dagang terjadi transaksi. Pastikan bahwa jurnal anda pada tiap-tiap akun tidak keliru.

Kami berharap setelah melihat jurnal di atas dan mempelajari berdasarkan soal, pengetahuan anda tetang cara menjurnal perusahaan dagang dan perusahaan jasa bisa di mengerti.

Demikian artikel Penyelesaian Jurnal Umum Perusahaan Dagang ini. Memang jika kita tidak mencoba untuk memahami setiaap soal akan terasa sulit padahal cukup mudah jika anda bisa konsentrasi dalam memahami jurnal umum tersebut.