Home » Akuntansi Dasar » Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi

Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi


Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi. Mungkin banyak di antara kita yang bertanya tentang apa sih Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi ?. Mungkin secara mudah kita akan mendefinisikan dari manfaat kegiatan tersebut adalah untuk menghasilkan suatu laporan keuangan yang akurat, dan pendapat ini adalah benar.

Namun mungkin kita perlu mengurai dari Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi itu sendiri dan kita akan mencoba mengelompokkan ke dalam 3 bagian sebagai contoh yaitu :

1. Mengetahui dengan tepat Posisi Keuangan Perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan adalah menjadi sangat penting karena di akui atau tidak, keuangan perusahaan menduduki inti dari sebuah perusahaan itu sendiri. Bahkan ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa jantung dari sebuah Perusahaan adalah keuangan-nya.

Salah satu informasi yang biasanya di butuhkan dalam laporan keuangan adalah kondisi perusahaan apakah Rugi atau kah memperoleh laba. Penyelenggaraan Akuntansi dengan secara jelas akan menunjukkan informasi tersebut dengan sangat nyata dan nilai nominal yang detail bahkan sampai angka sen (Rp. 0,00)  baik Rugi atau laba perusahaan.

2. Memberikan Informasi Tentang Maju Mundurnya Perusahaan

Manfaat lain dari Penyelenggaraan akuntansi adalah memberikan informasi yang jelas tentang kondisi perusahaan. Penyelenggaraan akuntansi akan memberikan sebuah analisa terhadap kesehatan perusahaan yang biasa di kenal dengan Istilah Rasio yang di dasarkan pada laporan keuangan. Sehingga bisa mengambil keputusan berikutnya demi menjaga ke stabilan perusahaan.

Contohnya ketika perusahaan anda dalam posisi seperti berikut ini

Neraca Perusahaan Dagang

Manfaat Penyelenggaraan Akuntansi

Dari perhitungan diatas kita lihat informasi yang di sajikan bahwa Kas tidak bisa menutupi utang lancar.

Perhitungannya : 500.000 / 40.000.000 x 100 = 1.25 %

Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan terhadap melakukan pembayaran Utang kepada suplier sangat minim, menciptakan keterlambatan pembayaran ke suplier, gaji dan sebagainya. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Persediaan barang sangat besar mencapai angka Rp. 50.000.000.

Dengan demikian perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat yaitu dengan menekan angka penjualan agar bisa menutupi kewajiban jangka pendek.

3. Menjadi Bukti Kuat Jika Terjadi Sengketa Pajak

Dengan penyelenggaraan Akuntansi, meminimalkan terjadinya sengketa pajak atas perusahaan yang anda kelola. Dan jika pun terjadi sebuah masalah antara anda dan lembaga perpajakan, anda memiliki bukti yang kuat atas pencatatan akuntansi yang anda lakukan.

Ketiga manfaat penyelenggaraan Akuntansi tersebut hanya beberapa contoh saja dari manfaat Akuntansi. Manfaat lain tentunya masih banyak tetapi 3 hal tersebut setidaknya sudah bisa membuka wawasan anda akan Mafaat Penyelenggaraan Akuntansi.