Excel Akuntansi Masjid [Gratis]

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bagi pengurus DKM atau pengurus masjid yang bertanggung jawab terhadap keuangan masjid, mungkin mengerjakan laporan keuangan yang benar belum terlalu dipikirkan karena biasanya fokus laporan keuangan hanya terhadap pendapatan dan pengeluaran yang masuk secara rutin. Di mana informasi tersebut yang diinformasikan secara rutin setiap hari Jumat kepada jamaah masjid tersebut.

Dan, kadang-kadang mendengar kata “akuntansi” sepertinya pembuatan laporan keuangan bakal jadi ribet bagi mereka yang tidak mengerti akuntansi. Kalau anda pengurus DKM yang merasa ribet dengan pembuatan laporan keuangan Masjid, bisa dibaca artikel berikut untuk mempelajari bahwa sebenarnya membuat laporan keuangan masjid itu mudah.

Aplikasi Excel Akuntansi Masjid di bawah bisa didapatkan dengan gratis. Sudah disesuaikan dengan PSAK 45, yang merupakan acuan pembuatan laporan akuntansi untuk organisasi Nirlaba di mana Masjid adalah salah satu di dalam kategori tersebut.

Aplikasi ini sudah dibuat semudah mungkin dalam pengisiannya sehingga dalam pengisiannya tidak harus mengerti akuntansi dan bisa digunakan oleh Masjid kecil hingga besar. Dan, tidak semua fitur harus digunakan. Sebagai contoh, bagi yang hanya butuh rekap laporan kas saja, tidak harus menggunakan fitur Program untuk mengelompokkan jenis transaksinya ataupun kategori untuk membuat laporan aktivitas dan neracanya (bisa dikelompokkan belakangan saat dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan).

Saya akan jelaskan sedikit gambaran aplikasi dan cara penggunaannya.

Fitur Aplikasi :

Menu

Menu digunakan untuk mengakses modul-modul yang dituju dengan cepat. Selain itu terdapat informasi penerimaan dan pengeluaran sesuai anggaran yang dibuat.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Menu

Setup

Isikan tanggal awal periode pencatatan (satu aplikasi untuk melaporkan keuangan selama 1 tahun) dan data Masjid.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Setup Data Masjid

Jika diperlukan laporan yang ditandatangani pengurus DKM, kolom pengurus bisa diisi sesuai data pengurus DKM.

Transaksi

Berisi modul Buku Kas yang sudah dilengkapi dengan kategori untuk mengelompokkan dan menempatkan transaksi di dalam laporan laba rugi dan neraca. Selain itu terdapat modul penyusutan untuk pengisian data inventaris masjid.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Transaksi Buku Kas

Cara pengisian modul transaksi buku kas adalah sama seperti pencatatan sehari-hari. Pendapatan atau penerimaan diisikan di kolom dana masuk dan pengeluaran di kolom dana keluar. Pilih rekening tunai/utang/piutang untuk posisi dananya dan kategorikan sesuai kategori laporan dan programnya. Penjelasan lebih terperinci bisa ditonton di video youtube yang linknya disertakan di dalam menu cara penggunaannya.

Satu lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kuitansi yang bisa dicetak berdasarkan isian di transaksi. Jadi ga perlu ditulis manual lagi.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Bukti Kuitansi

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan untuk pengisian sesuai PSAK 45 (tidak perlu dikategorikan saat pengisian transaksi, tetapi diperlukan saat pembuatan laporan), yaitu pengelompokan berdasarkan batasan.

Ada tiga kategori batasan yang penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut :

Terikat Permanen: Dana/aset yang masuk kelompok ini adalah dana/aset yang peruntukannya sudah tetap dan tidak bisa dialihkan untuk kepentingan lain. Contohnya adalah tanah wakaf masjid yang peruntukannya adalah untuk masjid, bukan untuk usaha lain.

Terikat Sementara: Dana/aset yang masuk kelompok ini adalah dana/aset yang peruntukannya bisa berubah jika target anggaran/pekerjaan sudah terpenuhi. Contohnya adalah anggaran untuk program renovasi masjid dimana kelebihan dana penerimaan bisa dialihkan untuk program lain jika renovasi masjid sudah selesai.

Tidak Terikat: Ini adalah kategori yang umum apabila masjid belum mempunyai program tertentu, dimana seluruh penerimaan dan pengeluaran adalah untuk operasional masjid sehari-hari. Seperti hasil kencleng masjid yang digunakan untuk membayar ustad atau marbot, atau juga untuk membayar listrik, iuran lingkungan dan lain-lain.

Laporan

Aplikasi Excel Akuntansi Masjid sudah dilengkapi dengan berbagai macam laporan yang insyaAllah akan mempermudah pelaporan transaksi keuangan kepada donatur, ketua DKM, dan jamaah. Dan, laporan ini sudah disesuaikan dengan PSAK 45. Jadi tidak perlu lagi mikirin laporan akuntansi yang benar :-).

Laporan yang disediakan antara lain:

Laporan Aktivitas (Bulanan dan Program)

Laporan aktivitas disini adalah istilah pengganti untuk laporan laba rugi atau mudahnya selisih antara pendapatan dan pengeluaran. Ada laporan aktivitas berdasarkan program, jika kategori program ingin digunakan.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Laporan Aktivitas

Apa itu program?

Mudahnya adalah pembagian alokasi anggaran pendapatan dan pengeluaran masjid. Contoh, jika masjid ingin melakukan renovasi, maka dibuat anggaran untuk renovasi dan dipisahkan donasi/sumbangan untuk keperluan renovasi. Atau, jika ada dana yang dikhususkan untuk anak yatim, bisa dipakai kategori program tertentu untuk memisahkan donasi/sumbangan untuk keperluan tersebut.

Jadi bisa dimonitor pendapatan dan pengeluaran yang sesuai dengan anggaran tersebut.

Laporan Neraca, Arus Kas dan Perubahan Ekuitas

Tiga laporan di atas adalah laporan standar keuangan. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan rekap otomatis, jadi tidak perlu ada yang diset lagi di laporan di atas. Hanya dengan memilih kategori di modul transaksi maka laporan aktivitas, neraca, arus kas dan perubahan ekuitas akan direkap dan muncul hasilnya secara otomatis.

Laporan Penyusutan

Laporan Buku Kas

Laporan ini merupakan rekap transaksi kas sesuai rekening yang dimiliki DKM. Bisa difilter per bulan untuk dilihat transaksi di bulan tertentu dengan saldo awal dan akhir sudah dihitung secara otomatis.

Akuntansi-ID - Excel Akuntansi Masjid - Laporan Buku Kas

Laporan Realisasi Program

Laporan ini berisikan realisasi penerimaan dan pengeluaran untuk program yang dimiliki oleh Masjid, contohnya realisasi untuk program renovasi masjid.

InsyaAllah ke depannya Kami akan menambah fitur-fitur lain untuk mempermudah pencatatan keuangan Masjid.

Apa yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini?

Hanya Microsoft Excel minimum versi 2007 dengan OS Windows atau Mac.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Aplikasi dikirimkan melalui email. Kirim info nama masjid, lokasi dan email ke Whatsapp ke nomor 0878 8422 3499.

Mudah-mudahan aplikasi Excel Akuntansi Masjid ini bisa memudahkan Bapak/Ibu pengurus DKM dalam melakukan pembukuan keuangan dan pembuatan rekap keuangan Masjid.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.