Excel Akuntansi Perusahaan Jasa

EXCEL AKUNTANSI UNTUK PERUSAHAAN JASA adalah sebuah spreadsheet yang didesain dengan menggunakan Microsoft Excel untuk memudahkan teman-teman dalam melakukan pencatatan aliran transaksi keuangan perusahaan jasa serta mengolahnya menjadi laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi Indonesia.

Excel Akuntansi Perusahaan Jasa

Seluruh lembar kerja dalam spreadsheet ini saling berkaitan satu dengan yang lain, kecuali beberapa lembar kerja/worksheet yang berisi data pendukung. Dan tidak ada fungsi Macro/VBA sama sekali sehingga dapat digunakan dan dibaca di semua OS (Windows, Apple, Android) dan semua versi Excel (2007 ke atas untuk Windows, 2008 ke atas untuk Apple) tanpa hambatan.

Sebagai staf bagian keuangan, teman-teman bisa dengan mudah mengirimkan file ini ke atasan/manajer anda dan tidak perlu khawatir filenya tidak bisa dibuka. Selain itu, file Excel ini juga bisa dibaca menggunakan tablet/iPad tanpa harus menggunakan konverter khusus.

AKUNTANSI-ID.COM mendapatkan lisensi untuk pendistribusian spreadsheet ini dalam bahasa Indonesia dari EXCELINDO.COM.

Spreadsheet ini telah digunakan oleh ribuan perusahaan di seluruh dunia. Mereka memilih software ini karena kemudahan dan kompatibilitasnya. Ga perlu ribet belajar software keuangan lain. Cukup belajar Excel dan pengetahuan Excel sangat terpakai dalam pekerjaan sehari-hari. MICROSOFT EXCEL sendiri adalah spreadsheet processor dengan tingkat penggunaan tertinggi di seluruh dunia (1.2 Milyar orang di dunia menggunakan Excel).

Software Excel Akuntansi Perusahaan Jasa ini cocok buat teman-teman yang :

  1. akan/sedang belajar atau memperdalam akuntansi
  2. mencari template laporan keuangan yang siap pakai
  3. ingin/akan/sedang membuat perkiraan transaksi dan laporan keuangan hingga akhir tahun atau tahun siklus akuntansi berikutnya
  4. butuh file yang lengkap dengan formula akuntansi yang bisa masuk flashdisk/memory ponsel dan diedit setiap saat tanpa terikat dengan batasan lisensi software atau spesifikasi komputer tertentu
  5. ingin belajar Excel khususnya formula untuk keperluan laporan akuntansi.
  6. tidak ingin repot belajar software akuntansi khusus
  7. ingin mencari software yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan sendiri/perusahaan dengan mudah

HANYA MEMERLUKAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MENGGUNAKANNYA

File ini tidak perlu penanganan khusus. Hanya butuh Microsoft Excel untuk membukanya. Dan bisa dipakai di semua versi Excel yang rilis sejak tahun 2007. Contoh, file ini dibuat dengan menggunakan Excel 2010 dengan OS Windows 7, sebelum disempurnakan dengan Excel 2013 dengan OS Windows 10. File ini juga dapat dibuka tanpa masalah di Excel 2008 dengan OS Mac.

File ini juga bisa diview dengan baik di Tablet Android Samsung Galaxy Note dan ponsel Samsung S7 dengan aplikasi viewer Polaris. Dibaca dengan iPad pun tidak masalah.

File in juga bisa dengan mudah diupload di Google drive dan diolah dengan menggunakan Google spreadsheet. Hanya saja perlu diperhatikan koneksi internet yang digunakan karena Google Spreadsheet punya fasilitas proses data dan save file secara otomatis yang apabila koneksinya lelet akan terasa lambat.

Sebagai kesimpulan, spreadsheet ini dirancang untuk bisa semudah mungkin digunakan dalam berbagai versi Excel, OS (Windows, Apple Mac, Android) dan perangkat (desktop, laptop, tablet, smartphone). Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu khawatir tidak dapat membaca laporan keuangan saat anda berada jauh dari kantor atau sedang liburan. Cukup minta staf anda untuk kirim file atau akses google spreadsheet untuk bisa membaca laporan keuangan perusahaan anda secara langsung. Satu lagi, file ini juga bisa dikirim via Whatsapp, jadi bisa langsung dikirim dan diterima saat anda chatting dengan staf anda di kantor.

Catatan :
Tampilan mungkin akan bervariasi sesuai standar masing-masing OS dan versi Excel, tetapi fungsi tidak berubah.

Buat siswa/siswi bidang akuntansi, spreadsheet ini juga merupakan file yang tepat untuk dijadikan teman belajar anda. Dengan konsep double-entry bookkeeping, teman bisa melakukan simulasi debet dan kredit di jurnal yang ada dan melihat hasilnya di akun-akun yang berkaitan. Dengan kata lain, mempraktekkan hasil belajar teori ke dalam bentuk praktek dan langsung di dalam spreadsheetnya.

CONTOH PENERAPAN PADA PERUSAHAAN JASA

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa sebagai produk utamanya. Tidak ada HPP (Harga Pokok Penjualan) di dalam struktur laporan keuangannya.

Karakter dari perusahaan jasa adalah :

  • Biasanya tidak memiliki wujud, seperti jasa konsultan yang sifatnya memberikan rekomendasi untuk suatu persoalan tertentu atau jasa penyanyi
  • Produk yang dihasilkannya tidak standar atau bervariasi. Ada kualitas yang biasanya dijadikan patokan harga.
  • Tidak dapat dipisahkan (produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama).
  • Tidak dapat disimpan di gudang, karena tidak memiliki wujud. Lebih ke talent juga, jadi memang sudah dimiliki di dalam diri

Beberapa contoh perusahaan yang dapat dikategorikan perusahaan jasa antara lain :

  • Konsultan Teknik, Pajak, Arsitek
  • Notaris/Pengacara
  • Salon Kecantikan, Barbershop
  • Sewa Mobil/Laptop/Kostum
  • Jasa Rias Pengantin
  • Kursus Bahasa, Komputer, Bimbingan Belajar
  • Manajemen artis
  • Jasa Laundry
  • Jasa Cuci Mobil
  • Jasa Broker Rumah

Spreadsheet ini juga bisa diterapkan kepada yayasan yang mendapatkan pendapatan dari donasi, seperti Mesjid, Panti Asuhan dan Panti Jompo.

KALAU UNTUK JASA PENYEWAAN, MENGHITUNG BALIK MODALNYA BAGAIMANA?

Untuk bisnis jasa, terutama yang berhubungan dengan jasa penyewaan, yang diperhitungkan adalah depresiasi. Bukan HPP. Jadi hanya tinggal memasukkan data produk yang dibeli, seperti data harga beli, perkiraan lama pemakaian dan harga setelah lama pemakaian tercapai untuk mendapatkan nilai depresiasi setiap bulan.

KALAU ADA PRODUK YANG DIJUAL BAGAIMANA PENCATATANNYA?

Kalau produknya tidak banyak dan merupakan bagian dari bahan habis pakai, bisa dilaporkan sebagai pendapatan non jasa. Tidak perlu ada perhitungan HPP karena produk ini bukan produk untuk jualan. Contoh paling sering ditemukan adalah bisnis salon dimana pelanggan bisa membeli shampoo, pewarna rambut, krim utk creambath dll yang merupakan bahan habis pakai.

BAGAIMANA KALAU ADA TITIPAN PRODUK UNTUK DIJUAL?

Kalau ada HPP, maka spreadsheet Excel Akuntansi Perusahaan Dagang akan lebih cocok.

KENAPA EXCEL? KAN SUDAH ADA SOFTWARE KHUSUS AKUNTANSI?

Dikembalikan kepada tujuan dari teman-teman. Pendapat kami, dengan mencatat transaksi dan membuat laporan keuangan menggunakan Excel, pengetahuan akuntansi teman-teman akan terus diasah. Serta hubungan antar akun, jurnal dan laporan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan. Hal ini berguna saat teman-teman pindah kerja dimana di tempat kerja yang baru diharuskan menggunakan software akuntansi model lain atau harus melakukan pencatatan secara manual.

KALAU SAYA BUAT SENDIRI PAKAI EXCEL BAGAIMANA?

Kami tidak melarang atau membatasi teman-teman untuk membuat sendiri.

Kami hanya mencoba memberikan solusi alternatif yang bisa membuat teman-teman fokus ke sisi akuntansi saja. Untuk membuat sendiri dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai Excel dan mungkin banyak juga yang tidak mempunyai cukup waktu untuk membuatnya.

Spreadsheeet ini dibuat dengan pemahaman akuntansi yang terintegrasi dimana antara lembar kerja satu dan lain saling berhubungan dan akan memudahkan teman-teman dalam mempelajari maupun menyusun laporan akuntansi. Dan juga sudah mendapatkan pengakuan internasional.

Selain itu dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dalam pembuatan spreadsheet ini untuk menghindari kesalahan fatal dalam perhitungan yang muncul.

BONUS PEMBELIAN

Selain mendapatkan software ini, teman juga akan mendapatkan bonus yaitu :

  1. Form Cash Reimbursement Request
  2. Form Cash Advance Request
  3. Form Kwitansi
  4. Form Purchase Order
  5. Form Invoice
  6. Form Perhitungan Depresiasi dengan 3 metode
  7. Form Perhitungan Angsuran Pinjaman dengan 3 metode
  8. Form Slip Gaji

Berikut adalah penjelasan singkat masing-masing worksheet/lembar kerja di dalam spreadsheet ini.

Halaman muka atau Accounting Home Panel berisikan menu untuk mengakses langsung ke lembar kerja terkait secara cepat. Halaman ini didesain dengan bentuk mengikuti alur transaksi keuangan yang umum dan untuk memudahkan teman-teman dalam melihat alur pengisian transaksi keuangan.

Excel Akuntansi Perusahaan Jasa - Home Panel

Secara ringkas, garis besar pencatatan ke dalam software Excel Akuntansi Perusahaan Jasa adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan setup awal
  2. Melakukan pencatatan di jurnal
  3. Membuat laporan keuangan

SETUP

DATA PERUSAHAAN

Masukkan tanggal awal siklus akuntansi perusahaan berikut data terkait di dalam worksheet ini. Masukkan juga data perusahaan yang berkaitan langsung dengan laporan akuntansi.

KODE AKUN

Kode akun/Chart of Accounts adalah penanda dari setiap kelompok pencatatan transaksi. Atau bisa diistilahkan kode akun adalah kategori pencatatan transaksi. Tidak ada aturan baku untuk pengelompokan ini. Setiap perusahaan bisa mempunyai kode/nomor yang berbeda, baik dari sisi format maupun nomornya sendiri. Silakan kode akun ini diisi oleh kode yang biasa digunakan oleh perusahaan teman-teman. Kalau belum ada, di dalam spreadsheet ini sudah disediakan penomoran akun dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

DATA CLIENT (OPSIONAL)

Bisa diisi bisa tidak. Tujuannya untuk mempermudah pencatatan jurnal dan untuk menjaga konsistensi pencatatan nama pelanggan terutama untuk pelanggan yang sering melakukan transaksi dengan perusahaan teman.

DATA SUPPLIER (OPSIONAL)

Sama seperti pengisian data customer/pelanggan, teman-teman juga bisa mengisikan data supplier pada lembar kerja ini.

PENCATATAN/PENGISIAN JURNAL

JURNAL UMUM (GENERAL JOURNAL)

Jurnal umum adalah jurnal utama dalam perusahaan jasa yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang muncul baik dalam bentuk tunai maupun kredit. Perusahaan jasa pada umumnya hanya menggunakan jurnal umum untuk pencatatan semua transaksi keuangan baik kas maupun kredit. Artinya, hanya perlu pemasangan akun yang tepat antara bagian debet dan kredit. Saat pelaporan, hanya diperlukan pencatatan di jurnal penyesuaian untuk mengoreksi angka-angka yang sudah tercatat di jurnal umum.

Berikut adalah video cara penggunaan jurnal umum untuk perusahaan jasa.

Simulasi di atas dibuat dengan mengacu kepada contoh transaksi berikut :

Pada tanggal 2 Januari 2018, di Bandung berdiri sebuah perusahaan dengan PT. Sewa Ruang Kendaraan Palugada yang didirikan oleh 2 orang, tuan Tampane dan ibu Cantika. Perusahaan ini bergerak di bidang penyewaan ruang kantor, kendaraan dan perlengkapan untuk seminar/pameran. Sudah ada 3 orang yang bersedia menjadi karyawan perusahaan sejak awal. Transaksi-transaksi yang muncul sejak hari pertama adalah :

2 Jan 18
– Tuan Tampane menanamkan modal sejumlah 250 juta
– Ibu Cantika menanamkan modal dalam bentuk kendaraan Toyota Avanza senilai 110 juta

4 Jan 18
– Perusahaan menyewa ruko untuk kantor selama 2 tahun dengan harga sewa 60 juta

5 Jan 18
– Perusahaan membeli furniture untuk kantor senilai 25.5 juta
– Perusahaan membeli perangkat elektronik dan komputer senilai 41.5 juta

8 Jan 18
– Ibu Cantika menambah modal senilai 40 juta
– Perusahaan membeli kebutuhan rumah tangga seperti cangkir, piring, teh dll senilai 2.5 juta
– Perusahaan membeli voucher listrik senilai 1.5 juta

9 Jan 18
– Perusahaan membeli motor Honda Beat senilai 12 juta

10 Jan 18
– Perusahaan membeli toyota Avanza senilai 156 juta dengan KPM 36 bulan (bunga 4% per 12 bulan) dengan DP senilai 30 juta
– Perusahaan membayar cicilan pertama toyota Avanza senilai 3.92 juta

11 Jan 18
– Perusahaan membeli 10 laptop untuk disewakan senilai 60 juta dengan cara pembayaran dicicil 12x dengan bunga 0%
– Perusahaan membayar cicilan pertama laptop senilai 5 juta

12 Jan 18
– Perusahaan mendapatkan pinjaman KTA senilai 300 juta
– Perusahaan membayar administrasi KTA senilai 1.5 juta
– Perusahaan membeli OHP dan layar untuk disewakan senilai 15 juta

15 Jan 18
– Perusahaan membayar iuran keamanan senilai 200 ribu
– Perusahaan membayar parkir bulanan senilai 100 ribu
– Perusahaan membayar reimburse bensin karyawan senilai 250 ribu

18 Jan 18
– Perusahaan membayar tagihan telpon senilai 300 ribu
– Perusahaan membayar tagihan air senilai 100 ribu

19 Jan 18
– Perusahaan membayar iklan promosi di koran senilai 1 juta
– Perusahaan membayar iklan lowongan kerja di internet senilai 800 ribu
– Perusahaan membayar iklan promosi di internet senilai 750 ribu

22 Jan 18
– Perusahaan membayar premi asuransi BPJS karyawan senilai 150 ribu
– Perusahaan membayar premi asuransi kehilangan mobil selama 3 tahun senilai 5 juta
– Perusahaan membayar premi asuransi kehilangan motor selama 1 tahun senilai 500 ribu

25 Jan 18
– Perusahaan membayar gaji karyawan sebesar 19.5 juta

26 Jan 18
– Perusahaan membayar biaya renovasi kantor senilai 45 juta

29 Jan 18
– Perusahaan mendapatkan pendapatan sewa ruang kantor selama 1 bulan senilai 2 juta

31 Jan 18
– Perusahaan mendapatkan pendapatan bunga bank senilai 200 ribu

Dan berikut adalah contoh worksheet jurnal umum yang bisa didownload.

File Template Jurnal Umum dengan Contoh Pengisiannya

JURNAL PENYESUAIAN

Saat pembuatan laporan keuangan, biasanya dibutuhkan beberapa data transaksi yang penting untuk dicatat agar laporan keuangan sebuah perusahaan di akhir siklus akuntansi terlihat seimbang dari sisi neraca dan betul secara perhitungan laba rugi. Dan karena sifat transaksinya yang belum dapat dibukukan di dalam periode pencatatan maka diperlukan jurnal terpisah untuk menyesuaikan transaksi yang sudah dicatat di jurnal umum. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang disediakan untuk keperluan pencatatan tersebut. Contoh beberapa transaksi yang umum dimasukkan ke dalam jurnal penyesuaian antara lain, pembayaran asuransi di muka, pembayaran sewa gedung di muka, pendapatan atas bunga bank, pendapatan atas sewa perangkat dan penggunaan bahan habis pakai.

Berikut adalah contoh file excel yang bisa digunakan.

File Template Jurnal Penyesuaian dengan Contoh Pengisiannya

Berikut adalah video contoh pengisian jurnal penyesuaian.

PENCATATAN/PENGISIAN DATA LAIN-LAIN (OPSIONAL)

Di dalam software Excel Akuntansi Perusahaan Jasa ini terdapat beberapa worksheet yang sifatnya opsional untuk dicatat. Jika dicatat akan memudahkan dalam pemindahan transaksi ke dalam jurnal, jika tidak dicatatpun tidak apa-apa. Worksheet-worksheet tersebut adalah :

PETTY CASH

Digunakan untuk pencatatan transaksi kas kecil/petty cash. Berikut adalah file template petty cash yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Contoh Petty Cash Template

DATA GAJI KARYAWAN

Digunakan untuk pencatatan nama karyawan berikut gajinya.

DATA KOMISI SALES

Digunakan untuk pencatatan komisi, jika diterapkan adanya komisi kepada tenaga penjualan

DATA CLIENT INVOICE

Digunakan untuk pencatatan invoice pelanggan

DATA SUPPLIER PO

Digunakan untuk pencatatan Purchase Order (PO) kepada Supplier

DATA BAHAN HABIS PAKAI/SUPPLIES

Bisa digunakan untuk memonitor status ketersediaan barang-barang habis pakai. Contohnya seperti shampoo, pisau cukur, krim cukur dan lain-lain untuk jenis usaha salon, atau sabun, shampoo dan lap mobil untuk usaha cuci mobil.

DATA PERLENGKAPAN KANTOR DAN PERLENGKAPAN SEWA

Digunakan untuk mencatat aset kantor yang digunakan untuk keperluan operasional. Selain itu tabel ini bisa digunakan untuk mencatat pembelian perangkat yang akan disewakan. Karena walaupun transaksinya bersifat jasa, tetap diperlukan perhitungan depresiasi untuk menilai harga barang di saat perangkat tersebut ingin diremajakan lagi. Contoh mudahnya adalah membeli mobil untuk disewakan.

Tabel penyusutan/depresiasi disini sudah berisikan formula Excel yang akan menghitung nilai penyusutan perlengkapan kantor/perangkat untuk sewa setiap bulan.

Teman hanya perlu mengambil nilai total depresiasi per bulan untuk dimasukkan ke dalam jurnal.

MONITORING

GENERAL LEDGER

Lembar kerja general ledger tidak perlu diisi secara manual. Teman-teman hanya tinggal memilih kode akun yang ingin dilihat transaksi debet-kreditnya. Contoh pemilihan kodenya dapat dilihat di video di bawah ini.

Teman-teman bisa menggunakan template excel di bawah untuk membuat general ledger atau buku besar. Tapi file ini berbeda dengan yang di video karena cara pengisiannya masih manual. General ledger otomatis hanya tersedia di dalam software excel akuntansi perusahaan jasa.

File Template General Ledger dengan contoh pengisiannya

CLIENT AR

Piutang customer atau Account Receivable dari setiap pelanggan dapat dilihat saldonya secara otomatis.

SUPPLIER AP

Demikian juga halnya dengan hutang kepada supplier. Dapat dimonitor saldonya secara otomatis berdasarkan data transaksi yang diisikan ke dalam jurnal terkait.

PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN

Setelah semua pencatatan dilakukan, teman-teman dapat menyiapkan laporan keuangan dengan mudah. Terdapat 2 bagian dalam lembar kerja laporan. Bagian Format Laporan dimana teman-teman diminta untuk membuat format laporan dengan memilih kode akun sesuai kategori yang ingin ditampilkan, serta Bagian Laporan dimana seluruh informasi yang sudah disiapkan di bagian format akan dibentuk menjadi laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang siap untuk dicetak.

LABA-RUGI

Laporan laba-rugi biasanya digunakan untuk menggambarkan situasi operasional perusahaan selama periode tertentu. Di sini bisa terlihat apakah sebuah perusahaan disebut untung atau merugi. Untuk perusahaan jasa, perhitungan laba-rugi cukup mudah karena hanya menghitung total penjualan/pendapatan dengan pengurangnya adalah biaya beban operasional dan depresiasi saja. Berbeda dengan perusahaan dagang yang harus memasukkan HPP ke dalam format laporan laba-ruginya.

Contohnya bisa dilihat di video youtube berikut ini.

Adapun contoh filenya bisa diambil di bawah ini.

File Template Laporan Laba Rugi dengan contoh pengisiannya

NERACA

Neraca merupakan bagian dari laporan keuangan yang paling umum dianalisa untuk melihat posisi keuangan atau status kesehatan keuangan perusahaan di periode tertentu.

Laporan Neraca – Excel Akuntansi Perusahaan Jasa

Berikut adalah contoh pembuatan laporan neraca dengan menggunakan Software excel akuntansi perusahaan jasa.

Berikut adalah file laporan neraca yang bisa teman coba terlebih dahulu.

Contoh File Excel untuk Laporan Neraca

ARUS KAS

Arus kas merupakan laporan yang menggambarkan arus kas masuk dan keluar yang terjadi di dalam satu periode tertentu. Laporan ini dibuat dengan mengkategorikan kode akun berdasarkan aktifitas operasional, investasi dan pendanaan. Ada dua metode yang biasa digunakan, yaitu metode pelaporan langsung dan tidak langsung.

METODE LANGSUNG

Metode langsung menggunakan pendekatan pelaporan yang langsung membandingkan pengeluaran dan penerimaan dalam bentuk tunai secara langsung.

METODE TIDAK LANGSUNG

Metode tidak langsung menghitung arus kas dari operasional dengan membandingkan saldo beberapa akun di laporan neraca dan laba rugi. Agak sedikit lebih rumit sehingga jarang dijadikan pilihan pelaporan. Tetapi untuk keperluan belajar, modul ini akan sangat berguna.

PERUBAHAN MODAL

Laporan perubahan modal (ekuitas) adalah bentuk laporan keuangan yang menggambarkan peningkatan/penurunan aset bersih atau kekayaan dalam satu periode tertentu.

KOK ADA DATA CLIENT, SUPPLIER, PO, PETTY CASH DLL? BUKANNYA HANYA PERLU JURNAL UMUM SAJA?

Untuk kebutuhan belajar atau sekolah, biasanya memang tidak memerlukan worksheet tersebut karena worksheet tersebut adalah alat bantu pencatatan dan biasanya digunakan di dunia kerja. Dan soal-soal akuntansi yang ada lebih ditekankan kepada pemahaman logika dan benar tidaknya pencatatannya. Tapi untuk usaha, pasti akan dibutuhkan data-data tersebut karena sifat transaksinya yang harian dan full 1 tahun siklusnya.

OK. SAYA TERTARIK. APA SAJA YANG HARUS SAYA SIAPKAN UNTUK MENGGUNAKANNYA?

Microsoft Excel versi 2007 ke atas untuk Windows and versi 2008 ke atas untuk Apple.
Pemahaman dasar penggunaan Microsoft Excel
Pemahaman tentang dasar akuntansi

OK. SAYA TERTARIK. BERAPA HARGANYA ?

EXCEL AKUNTANSI UNTUK PERUSAHAAN JASA bisa didapatkan hanya dengan harga perkenalan Rp. 249.000 Rp. 149.000 * (sudah termasuk semua bonus dan gratis update selama 5 tahun).

* Berlaku hingga akhir bulan ini

OK. LALU BAGAIMANA CARA MEMBELINYA?

Whatsapp/SMS ke no 0878 8422 3499 untuk mendapatkan no rekening BCA. Kirimkan alamat email dan foto slip transfer/pembayaran ke no WA tersebut atau bisa ke support@akuntansi-id.com. Dalam waktu 1 x 24 jam, file beserta seluruh bonusnya akan dikirimkan dengan bentuk link dropbox untuk didownload. Dan bila ada kesulitan dalam mendownloadnya, file akan dikirimkan langsung via WA.

APAKAH ADA PANDUAN CARA PENGGUNAANNYA?

Di dalam spreadsheet terdapat panduan cara penggunaannya. Juga terdapat file yang sudah berisi contoh data transaksi finansial dan laporan untuk jenis perusahaan jasa. Selain itu juga terdapat panduan penggunaan berupa video dimana sebagian di antaranya sudah ditampilkan di atas. Kunjungi channel akuntansi-id.com untuk melihat keseluruhan cara penggunaan spreadsheet Excel Akuntansi Perusahaan Jasa.

APAKAH SAYA BISA MINTA SPREADSHEET INI DIMODIFIKASI? DAN APAKAH ADA BIAYANYA?

Tergantung tingkat kesulitannya. Biaya akan dikenakan setelah kami mempelajari permintaan modifikasi teman-teman.

KALAU TERNYATA TIDAK COCOK BAGAIMANA?

GARANSI 30 HARI UANG KEMBALI. Silakan kirim email atau Whatsapp jika teman-teman merasa file ini tidak sesuai dengan kebutuhan belajar atau kebutuhan laporan akuntansi perusahaan. Uang akan langsung dikembalikan ke rekening BCA teman-teman.

JADI… TUNGGU APA LAGI TEMAN2.. SEGERA DAPATKAN FILENYA MUMPUNG MASIH HARGA PROMOSI