Excel Akuntansi Perusahaan Dagang

EXCEL AKUNTANSI UNTUK PERUSAHAAN DAGANG adalah spreadsheet yang dirancang khusus untuk memudahkan teman-teman sekalian dalam mencatat seluruh transaksi keuangan perusahaan dan mengolahnya dengan mudah sehingga menjadi laporan keuangan  sesuai standar akuntansi yang digunakan di Indonesia. Didesain dengan menggunakan formula Excel standar (TIDAK MENGGUNAKAN MAKRO/VBA SAMA SEKALI), spreadsheet ini dapat digunakan dan dibaca di semua OS (Windows, Apple, Android) dan semua versi Excel (2007 ke atas untuk Windows, 2008 ke atas untuk Apple) tanpa hambatan. Sebagai staf bagian keuangan, teman-teman bisa dengan mudah mengirimkan file ini ke atasan/manajer anda dan tidak perlu khawatir filenya tidak bisa dibuka. Selain itu, file Excel ini juga bisa dibaca menggunakan tablet/iPad tanpa harus menggunakan konverter khusus.

Excel Akuntansi Perusahaan Dagang

AKUNTANSI-ID.COM mendapatkan lisensi untuk pendistribusian spreadsheet ini dalam bahasa Indonesia dari EXCELINDO.COM. Spreadsheet ini telah digunakan oleh lebih dari 1000 perusahaan di seluruh dunia. Kenapa mereka memilih spreadsheet ini? Karena kemudahan dan kompatibilitasnya, dan yang pasti dibuat dengan MICROSOFT EXCEL, spreadsheet processor dengan tingkat penggunaan tertinggi di seluruh dunia (1.2 Milyar orang di dunia menggunakan Excel).

Jadi, spreadsheet ini cocok buat teman-teman yang :

  • akan/sedang belajar akuntansi atau memperdalam

  • mau membuat perkiraan transaksi dan laporan keuangan hingga akhir tahun atau tahun siklus akuntansi berikutnya

  • butuh file yang bisa dibawa-bawa dan diedit setiap saat tanpa terikat dengan batasan lisensi software atau spesifikasi komputer tertentu

  • ingin belajar Excel. Semua formula bisa dilihat dan dipelajari.

  • tidak ingin repot belajar software akuntansi khusus

  • ingin mencari software yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan sendiri/perusahaan dengan mudah

SATU SPREADSHEET UNTUK SEMUA OS DAN SEMUA VERSI EXCEL.

File ini gampang untuk dipindah-pindah antara OS dan versi Excel. Jadi ga perlu khawatir ga bisa dibuka di tempat lain. Sebagai contoh, file ini dibuat dengan menggunakan Excel 2010 dengan OS Windows 7, sebelum disempurnakan dengan Excel 2013 dengan OS Windows 10. File ini juga telah dibuka di Excel 2008 dengan OS Mac tanpa masalah. Dan bisa diview dengan baik di Tablet Android Samsung Galaxy Note dan ponsel Samsung S7 dengan viewer Polaris. Dibaca dengan iPad pun tidak masalah. Untuk teman-teman yang ingin mengolah di Google Docs pun bisa dilakukan hanya saja jika semakin banyak data yang diolah, proses update akan sedikit melambat dan tergantung juga dengan koneksi internet yang digunakan. Tetapi pada intinya, spreadsheet ini dirancang untuk bisa dibawa-bawa dan dipindah-pindah antar semua versi Excel, OS dan perangkat. Jika anda sebagai pemilik bisnis, maka anda tidak perlu khawatir tidak dapat membaca laporan keuangan saat anda berada jauh dari kantor atau sedang liburan.

Catatan :
Tampilan mungkin akan bervariasi sesuai standar masing-masing OS dan versi Excel, tetapi fungsi tidak berubah.

Buat teman yang masih belajar akuntansi, spreadsheet ini juga merupakan file yang tepat untuk dijadikan teman belajar anda. Dengan konsep double-entry bookkeeping, teman bisa melakukan simulasi debet dan kredit di jurnal yang ada dan melihat kebenaran hasilnya di akun-akun yang berkaitan. Istilahnya, mempraktekkan hasil belajar teori ke dalam spreadsheet.

KENAPA EXCEL? KAN SUDAH ADA SOFTWARE KHUSUS AKUNTANSI?

Tergantung tujuan dari teman-teman. Dengan menggunakan Excel, pengetahuan akuntansi teman-teman akan terus diasah, karena seluruh data dan hasil bisa dilihat langsung hubungannya. Teman-teman juga bisa menambahkan formula lain, membuat laporan lain, merubah tampilan Excel dan banyak lagi dan tidak sekadar Entry Data saja. Ini berguna saat teman-teman berpindah tempat kerja dimana di tempat kerja yang baru diharuskan menggunakan software akuntansi model lain atau tidak ada software sama sekali.

PAKAI EXCEL? SAYA BUAT SENDIRI JUGA BISA

Monggo. Kami tidak melarang atau membatasi teman-teman untuk membuat sendiri. Kami hanya mencoba memberikan solusi alternatif yang bisa membuat teman-teman fokus ke sisi akuntansi saja. Spreadsheeet ini sendiri sudah mendapatkan pengakuan internasional dan dibuat dengan pemahaman akuntansi yang terintegrasi dimana antara lembar kerja satu dan lain saling berhubungan dan akan memudahkan teman-teman dalam mempelajari maupun menyusun laporan akuntansi.

Juga dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dalam pembuatan spreadsheet ini untuk menghindari kesalahan fatal dalam perhitungan yang muncul.

Selain mendapatkan software ini, teman juga akan mendapatkan bonus berupa :

  1. Form Cash Reimbursement Request
  2. Form Cash Advance Request
  3. Form Kwitansi
  4. Form Purchase Order
  5. Form Invoice
  6. Form Perhitungan Depresiasi dengan 3 metode
  7. Form Perhitungan Angsuran Pinjaman dengan 3 metode
  8. Form Slip Gaji

Dan otomatis akan mendapatkan bonus susulan jika anda karena teman-teman sudah terdaftar di milis pembeli spreadsheet ini.

Berikut adalah detil dari masing-masing worksheet/lembar kerja di dalam spreadsheet ini.

Halaman muka berisikan menu-menu dengan link untuk mengakses langsung ke lembar kerja terkait. Halaman ini didesain dengan bentuk mengikuti alur transaksi keuangan untuk memudahkan teman-teman dalam melihat alur pengisian transaksi keuangan. Secara garis besar, yang dilakukan oleh teman-teman adalah :

  1. Melakukan setup awal
  2. Melakukan pencatatan di jurnal
  3. Membuat laporan keuangan

Home Panel - Excel Akuntansi Perusahaan Dagang

SETUP AWAL

DATA PERUSAHAAN

Teman-teman bisa melakukan pengisian awal spreadsheet ini dengan mengisi tanggal awal siklus akuntansi perusahaan teman dan data perusahaan teman di worksheet ini.

KODE AKUN

Kode akun atau Chart of Accounts adalah simbol dari setiap kelompok pencatatan transaksi. Gampangnya, kode akun adalah kategori pencatatan transaksi. Tidak ada peraturan baku untuk pemberian nomor/kode ini. Setiap perusahaan bisa mempunyai kode/nomor yang berbeda, baik dari sisi format maupun nomornya sendiri. Silakan kode akun ini diisi oleh kode yang biasa digunakan oleh perusahaan teman-teman. Kalau belum punya, di dalam spreadsheet ini sudah disediakan penomoran akun dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

DATA CUSTOMER

Untuk mempermudah pencatatan jurnal dan untuk menjaga konsistensi pencatatan nama pelanggan, teman-teman diminta untuk mengisikan dan memberi kode terhadap semua pelanggan yang pernah/akan melakukan transaksi.

DATA SUPPLIER

Sama seperti pengisian data customer/pelanggan, teman-teman juga diminta untuk mengisikan data supplier pada lembar kerja ini.

DATA PERSEDIAAN

Dengan tujuan konsistensi dan akurasi pencatatan, memberikan kode produk dan penamaan persediaan barang dagang akan membantu dalam hal pencatatan penjualan dan pembelian barang dagang.

PENCATATAN/PENGISIAN JURNAL

JURNAL UMUM (GENERAL JOURNAL)

Jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang dilakukan secara rutin dan tidak dalam bentuk tunai. Transaksi yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian juga tidak dapat dicatat di jurnal ini karena sudah ada jurnal khusus untuk transaksi tersebut. Kecuali pengembalian barang, yang tidak dikategorikan sebagai bagian transaksi penjualan atau pembelian melainkan transaksi lain-lain yang berhubungan dengan persediaan dagang.

Berikut adalah video cara penggunaan jurnal umum.

Dan berikut adalah contoh worksheet jurnal umum yang bisa didownload.

Contoh Jurnal Umum Template

JURNAL KHUSUS (SPECIAL JOURNALS)

Jurnal khusus adalah jurnal untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian dan transaksi lain-lain yang dikategorikan khusus dan tidak dapat dimasukkan ke dalam jurnal umum. Dalam spreadsheet ini, yang digolongkan ke dalam jurnal khusus adalah jurnal Penjualan, jurnal pembelian dan jurnal kas. Untuk jurnal kas, penerimaan dan pengeluaran dikelompokkan di dalam satu lembar kerja. Jadi perhatikan penggolongan debet dan kreditnya saat melakukan pencatatan.

Berikut adalah contoh template jurnal khusus yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Contoh Jurnal Khusus Template

JURNAL KAS (CASH JOURNAL)

Jurnal kas adalah jurnal untuk mencatat semua transaksi penjualan, pembelian dan lain-lain yang langsung dibayarkan dalam bentuk tunai.

Berikut adalah video cara pencatatan jurnal kas.

JURNAL PEMBELIAN (PURCHASE JOURNAL)

Jurnal pembelian adalah jurnal untuk mencatat semua transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit atau perusahaan berhutang kepada supplier.

JURNAL PENJUALAN (SALES JOURNAL)

Jurnal penjualan adalah jurnal untuk mencatat semua transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit atau customer/pelanggan berhutang kepada perusahaan.

JURNAL PENYESUAIAN (ADJUSTING JOURNAL)

Saat pembuatan laporan keuangan, biasanya dibutuhkan beberapa data transaksi yang penting untuk dicatat agar laporan keuangan sebuah perusahaan terlihat seimbang dari sisi neraca dan betul secara perhitungan laba rugi. Sebagai contoh, pencatatan rekapitulasi persediaan barang dagang atau pengeluaran untuk administrasi bank dll. Untuk itu dibutuhkan jurnal untuk melakukan penyesuaian terhadap transaksi yang sebelumnya sudah dicatat. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang disediakan untuk keperluan pencatatan tersebut.

PENCATATAN/PENGISIAN DATA OPSIONAL

Di dalam spreadsheet ini terdapat beberapa worksheet yang sifatnya opsional untuk dicatat. Jika dicatat akan memudahkan dalam pemindahan transaksi ke dalam jurnal, jika tidak dicatatpun tidak apa-apa. Worksheet-worksheet tersebut adalah :

PETTY CASH

Digunakan untuk pencatatan transaksi kas kecil/petty cash. Berikut adalah file template petty cash yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Contoh Petty Cash Template

DATA GAJI KARYAWAN

Digunakan untuk pencatatan nama karyawan berikut gajinya.

DATA KOMISI SALES

Digunakan untuk pencatatan komisi, jika diterapkan adanya komisi kepada tenaga penjualan

DATA CUSTOMER INVOICE

Digunakan untuk pencatatan invoice pelanggan

DATA SUPPLIER PO

Digunakan untuk pencatatan Purchase Order (PO) kepada Supplier

DATA PERLENGKAPAN KANTOR

Digunakan untuk mencatat aset kantor yang digunakan untuk keperluan operasional. Di dalam lembar kerja ini terdapat tabel penyusutan/depresiasi yang sudah berisikan formula Excel yang akan menghitungan nilai penyusutan perlengkapan kantor setiap bulan.

MONITORING

GENERAL LEDGER

Lembar kerja general ledger tidak perlu diisi secara manual. Teman-teman hanya tinggal memilih kode akun yang ingin dilihat alur transaksinya.

CUSTOMER AR

Piutang customer atau Account Receivable dari setiap pelanggan dapat dilihat saldonya secara otomatis.

SUPPLIER AP

Demikian juga halnya dengan hutang kepada supplier. Dapat dimonitor saldonya secara otomatis berdasarkan data transaksi yang diisikan ke dalam jurnal terkait.

PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN

Setelah semua pencatatan dilakukan, teman-teman dapat menyiapkan laporan keuangan dengan mudah. Lembar kerja di bagian laporan selalu dibagi menjadi 2 bagian. Bagian Format Laporan dimana teman-teman diminta untuk memilih kode akun sesuai kategori yang ingin ditampilkan dan bagian laporan dimana informasi pada bagian format akan dibentuk seperti laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang siap untuk dicetak.

LABA-RUGI

Laporan laba-rugi biasanya digunakan untuk menggambarkan situasi operasional perusahaan selama periode tertentu. Di sini bisa terlihat apakah sebuah perusahaan disebut untung atau merugi.

NERACA

Neraca merupakan bagian dari laporan keuangan yang paling umum dianalisa untuk melihat posisi keuangan atau status kesehatan keuangan perusahaan di periode tertentu.

Laporan Neraca - Excel Akuntansi Perusahaan Dagang

Berikut adalah contoh pembuatan laporan Neraca berdasarkan jurnal yang telah diisi.

Berikut adalah file laporan neraca yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Contoh File Laporan Neraca

ARUS KAS

Arus kas merupakan laporan yang menggambarkan arus kas masuk dan keluar yang terjadi di dalam satu periode tertentu. Laporan ini dibuat dengan mengkategorikan kode akun berdasarkan aktifitas operasional, investasi dan pendanaan. Ada dua metode yang biasa digunakan, yaitu metode pelaporan langsung dan tidak langsung.

METODE LANGSUNG

Metode langsung dalam pelaporan arus kas menggunakan pendekatan pelaporan yang langsung membandingkan pengeluaran dan penerimaan dalam bentuk tunai secara langsung.

Berikut adalah contoh file laporan arus kas dengan metode langsung.

Contoh Laporan Arus Kas – Metode Langsung

METODE TIDAK LANGSUNG

Kalau metode langsung membandingkan penerimaan dan pengeluaran kas secara langsung, maka metode tidak langsung memasukkan unsur laba rugi dan pencatatan lainnya yang tidak bersifat kas tetapi berhubungan dalam pembentukan laporan kas.

PERUBAHAN MODAL

Laporan perubahan modal (ekuitas) adalah salah satu dari laporan keuangan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aset bersih atau kekayaan selama periode tertentu.

OK. SAYA TERTARIK. APA SAJA YANG HARUS SAYA SIAPKAN UNTUK MENGGUNAKANNYA?

  1. Microsoft Excel versi 2007 ke atas untuk Windows and versi 2008 ke atas untuk Apple.
  2. Pemahaman dasar penggunaan Microsoft Excel
  3. Pemahaman tentang dasar akuntansi

OK. SAYA TERTARIK. BERAPA HARGANYA ?

EXCEL AKUNTANSI UNTUK PERUSAHAAN DAGANG bisa didapatkan hanya dengan harga perkenalan Rp. 299.000 Rp. 199.000 * (sudah termasuk semua bonus dan gratis update selama 5 tahun).

* Berlaku hingga akhir bulan ini

OK. LALU BAGAIMANA CARA MEMBELINYA?

Whatsapp/SMS ke no 0878 8422 3499 untuk mendapatkan no rekening BCA (mau tanya2 juga boleh). Kirimkan alamat email dan foto slip transfer/pembayaran ke no WA tersebut atau bisa ke support@akuntansi-id.com. Dalam waktu 1 x 24 jam, file beserta seluruh bonusnya akan dikirimkan dengan bentuk link dropbox untuk didownload.

APAKAH ADA PANDUAN CARA PENGGUNAANNYA?

Di dalam spreadsheet terdapat panduan cara penggunaannya. Selain itu juga terdapat panduan penggunaan berupa video dimana sebagian di antaranya sudah ditampilkan di atas. Kunjungi channel akuntansi-id.com untuk melihat keseluruhan cara penggunaan spreadsheet Excel Akuntansi Perusahaan Dagang ini.

APAKAH SAYA BISA MINTA SPREADSHEET INI DIMODIFIKASI? DAN APAKAH ADA BIAYANYA?

Tergantung tingkat kesulitannya. Biaya akan dikenakan setelah kami mempelajari permintaan modifikasi teman-teman.

KALAU TERNYATA TIDAK COCOK BAGAIMANA?

GARANSI 30 HARI UANG KEMBALI. Silakan kirim email atau Whatsapp jika teman-teman merasa file ini tidak sesuai dengan kebutuhan belajar atau kebutuhan laporan akuntansi perusahaan. Uang akan langsung dikembalikan ke rekening BCA teman-teman.

SO… TUNGGU APA LAGI TEMAN2.. SEGERA DAPATKAN FILENYA MUMPUNG MASIH HARGA PROMOSI