Home » Praktek Akuntansi » Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang


Berikut ini kita akan coba untuk membahas tetang Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang. Neraca Lajur atau worksheet adalah lembar kerja laporan keuangan setelah proses jurnal penyesuaian. Namun sekali lagi saya sampaikan bahwa tak akan bisa kita menunjukkan tentang lembar kerja atau neraca lajur tanpa adanya contoh yang di gunakan.

Dalam posting yang lalu tetang penyelesaian Jurnal penyesuaian perusahaan dagang, kita telah bahas adalah lanjutan dari proses pencatatan siklus akuntansi dari Usaha Pak Jono yaitu Mitra Mart. Di peroleh informasi sebagai berikut :

  1. Neraca saldo / percobaan dalam posisi : Baca artikel Neraca Saldo / Percobaan Perusahaan Dagang
  2. Kemudian untuk selanjutnya adalah hasil dari penyesuaian mitra mart dalam posisi : Baca artikel : Penyelesaian Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang.

Dalam kondisi ini posisi yang kita lakukan adalah hanya melakukan imput data dari kedua artikel tersebut sehingga menjadi laporan keuangan Neraca dan Rugi Laba.

Dari kedua artikel tersebut maka kita akan menghasilkan informasi neraca lajur sebagai berikut :

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Perlu untuk di ingat bahwa sebelum membentuk neraca lajur, yang kita lakukan pertama kali setelah melakukan jurnal penyesuaian, Buku besar juga harus di sesuaikan. Sehingga Dalam neraca lajur nanti akan menghasilkan Neraca Setelah disesuaikan memiliki saldo yang sama dengan yang ada dalam buku besar.

Buku besar setelah di sesuaikan akan menjadi pembanding bahwa cara kita dalam mengerjakan Neraca Lajur (Whorksheet) sudah benar dan sesuai. Jika ada selisih maka periksa ulang keduanya. Kemungkinan data yang salah bisa saja buku besar atau bisa saja neraca lajur.

Jadi silahkan memahami kedua artikel tersebut di atas kemudian pahami pula bagaimana cara memasukkan hasil jurnal penyesuaian ke neraca lajur sesuai gambar di atas. Dan dalam waktu mendatang kita akan menrangkumkan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang.

Demikian artikel kali ini tentang Contoh Neraca Lajur Perusahaan Dagang, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan jangan sungkan, terima kasih !