Home » Praktek Akuntansi » Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa.  Satelah melakukan penyesuaian pada sebuah kegiatan pembukuan, maka proses selanjutnya adalah Membuat Neraca Lajur. Dan pada kali ini kita akan coba membuat sebuah Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa. Melanjutkan dari proses pembukuan Salon Anggi sebelumnya.

Baca : Buku Besar Perusahaan Jasa setelah penyesuaian dan Contoh Jurnal Penyesuaian perusahaan Jasa.

Neraca Lajur atau biasa juga di sebut Worksheet adalah sebuah lembar kerja yang terdiri atas beberapa neraca. Banyak orang yang sering mengatakan bahwa inilah proses akhir dan sudah bisa di jadikan laporan keuangan.

Sebenarnya memang sudah kalimat itu benar namun kurang tepat. Karena laporan keuangan itu harusnya terdiri dari :

  1. Laporan Arus Kas
  2. Laporan Neraca
  3. Laporan Rugi Laba
  4. Laporan Perubahan Modal

Sedangkan Neraca lajur mengandung 2 Jenis yaitu Neraca dan Rugi Laba yang belum jelas informasinya dan kurang simple atau kurang bisa di mengerti.

Sekarang mari kita lanjutkan dari proses siklus akuntansi Perusahaan jasa pada bagian neraca lajur.

Dari hasil kegiatan pembukuan Salon Anggi maka kita kan memperoleh sebuah neraca lajur dengan informasi seperti pada gambar berikut :

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa

Dalam gambar tersebut ada 5 jenis kolom yaitu masing-masing :

  1. Neraca Saldo
  2. Neraca Penyesuaian
  3. Neraca Setelah di sesuaikan
  4. Neraca
  5. Rugi Laba

Maka neraca dan rugi laba tersebut (Nomor 4 dan 5 ) adalah menjadi dasar pembuatan laporan keuangan yang mana hanya sisa memasukkan saja nilai nominalnya kedalam laporan masing-masing. Cuman bedanya pada Neraca nanti akan ada akun baru yaitu Rugi Laba usaha.

Akun Rugi Laba adalah akun yang bersifat seperti modal karena merupakan kewajiban perusahaan atas pemilik modal usaha. Makanya posisi saldo rugi laba jika untung / bertambah dalam posisi kredit dan jika rugi atau berkurang maka akan di debet (posisi debet).

Mudah-mudahan Contoh Neraca Lajur Perusahaan Jasa ini bisa di mengerti dengan mempelajari siklus Akuntansi sebelumnya. Dan perlu untuk di ingat bahwa saldo buku besar setelah di sesuaikan harus sesuai dengan kolom neraca setelah disesuaikan pada neraca lajur.