Home » Contoh Akuntansi » Bentuk Neraca Staffel Dan Scontro

Bentuk Neraca Staffel Dan Scontro

Bentuk Neraca Staffel Dan Scontro. Ada berbagai jenis laporan yang kita lihat dan temui, namun terkadang karena kita hanya mempelajari satu bentuk neraca saja terkadang ketika kita si suguhi sebuah bentuk neraca yang tidak pernah kita lihat kita menjadi heran dan bertanya apa ini bentuk neraca, dan neraca ini sama sekali tidak mirip dengan yang kami pelajari.

Bentuk Neraca secara umum dalam laporan keuangan ada 2 yaitu bentuk Staffel dan Scontro. Berikut ini bentuknya :

1. Neraca Bentuk Staffel

Neraca Bentuk staffel adalah bentuk neraca yang disusun dengan menyusun kebawah dan melektakkan saldo pada bagian samping dengan kolom debet kredit. Tabel neraca ini mirip dengan Model Jurnal Umum. Atau secara jelas kami tampilkan gambar seperti ini :

Neraca Laporan Keuangan Bentuk Staffel

Neraca Laporan Keuangan Bentuk Staffel

2. Neraca Bentuk Scontro

Neraca Bentuk Scontro adalah neraca yang memisahkan antara Aktiva dan Vasiva pada posisi kanan dan kiri atau saling sebelah menyeblah yang biasa kita lihat atau model dan bentuknya seperti ini :

Neraca Bentuk Scontro

Neraca Bentuk Scontro

Yang termasuk dalam Aktiva adalah Asset perusahaan sedangkan vasiva adalah kewajiban perusahaan baik pada pihak ketiga dan pemilik modal.

Kita melihat kedua bentuk neraca di atas hanya memiliki perbedaan tipis yaitu seblah menyeblan dan bersusun saja. Tapi jumlah atau saldo neraca tetap sama.

Perlu untuk kita ketahui bahwa Ketika kita bicara soal Sebuah system keuangan perusahaan lalu anda adalah seorang pemimpin perusahaan sekaligus pemilik perusahaan. Maka ketika anda bicara sebagai seorang pemimpin perusahaan maka anda punya kewajiban terhadap pemilik modal yaitu anda sendiri. Dan ketika anda berdiri sebagai pemilik perusahaan maka anda punya hak pada perusahaan.

Jadi bagaimanapun sebuah neraca di sajikan, anda sebagai seorang yang paham akuntansi tentunya bisa membaca setiap laporan keuangan yang di suguhkan.

Demikian artikel tetang Bentuk Neraca Staffel Dan Scontro, mudah-mudahan ada manfaatnya dan jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar !