Home » Software Akuntansi » 5 Software Akuntansi Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan

5 Software Akuntansi Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan


Software Akuntansi. Saat ini menggunakan pencatatan manual tentunya sangat rumit sekali untuk di lakukan di jaman serba computer ini. Apalagi kemajuan tehnologi membuat beberapa pengembang Komputer akuntansi membuat software yang bisa megolah dan menyajikan laporan keuangan secara cepat dan akurat. 20 tahun yang lalu hanya sedikit software akuntansi yang bisa dijadikan pilihan dan rata-rata berorientasi kepada PC atau Desktop. Tidak seperti saat ini dimana era sudah berubah dan internet sudah menjadi salah satu urat nadi bisnis di seluruh dunia. Hampir sebagian besar developer software tersebut sudah mengupdate software mereka hingga bisa digunakan secara online.

Beberapa keunggulan dari software akuntansi adalah :

  1. Menyajikan laporan secara mudah dan cepat
  2. Menghasilkan laporan keuangan yang sifatnya harian, bulanan atau pertahun saat itu juga.
  3. Menggunakan tenaga keuangan keuangan yang sedikit
  4. Laporan lebih detail dan terperinci

Namun tetap saja yang namanya suatu hal apalagi software tertentu juga memiliki kekurangan termasuk Software akuntansi. Beberapa kekurangannya adalah :

  1. Harganya cukup mahal
  2. Membutuhkan waktu belajar untuk mengoperasikannya
  3. Bisa error terkena virus
  4. Bahasa terbatas
  5. Tidak kompatibel untuk aplikasi yang non online
  6. Perhitungan pajaknya tidak sesuai dengan peraturan di Indonesia

Walaupun demikian, tetap kita bicara soal popularitas dimana market share dari software akuntansi di bawah adalah masuk dalam top 5 software akuntansi di Indonesia.

1. MYOB (Mind Your Own Business)

Salah satu software yang sering di kenal dan banyak di pelajari adalah MYOB yang di produksi oleh perusahaan komputer akuntansi asal Australia. Pengolahan data yang begitu lengkap menjadi pilihan untuk beberapa fakultas dan sekolah.

Sebagai sebuah software accounting yang diproduksi di luar negeri, MYOB masih belum memiliki penghitungan pajak yang berlaku di Indonesia. Hal ini membuat MYOB tidak dapat digunakan untuk menghitung pajak sekaligus selama pencatatan data selama transaksi. Sehingga untuk menghitung pajak, Anda harus menghitungnya di luar dari software.


Excel Akuntansi Perusahaan Jasa

https://akuntansi-id.com/excel-akuntansi-perusahaan-jasa

Fitur Lengkap | Mudah Digunakan | Laporan Otomatis

Excel Akuntansi Perusahaan Dagang

https://akuntansi-id.com/excel-akuntansi-perusahaan-dagang

Siap Pakai | Laporan Otomatis | Bisa Dikustom Sendiri

Excel Akuntansi Perusahaan Manufaktur

https://akuntansi-id.com/excel-akuntansi-perusahaan-manufaktur

Fitur Komplit | Bisa Banyak User | 1x Bayar


2. Quickbooks

Sebelum munculnya Zahir dan Accurate di akhir tahun 90an, Quickbooks termasuk salah satu software yang paling dicari di Indonesia untuk melakukan pembukuan. Waktu itu, mereka yang tidak terlalu familiar dengan MYOB akan merasa langsung cocok dengan software ini karena disain interfacenya mudah untuk dipelajari serta mudah untuk diintegrasikan dengan model pembukuan di Indonesia yang simpel tapi banyak cabangnya.

3. Zahir Accounting

Zahir  Accounting  adalah  software  akuntansi  keuangan  asli Indonesia yang paling populer. Dikembangkan sejak tahun 1996, Zahir accounting saat ini menjadi favorit bagi perusahaan besar di Indonesia karena mudah untuk melakukan pembukuan tanpa harus mengerti akuntansi. Seluruh jurnal akuntansi  dan  laporan  keuangan  dibuat  secara  otomatis  tanpa perlu  mengerti  teori  akuntansi  yang mendalam,  Zahir  Accounting juga  akan  mempermudah  Anda  dalam  mengambil  keputusan bisnis,  karena  dilengkapi  berbagai  analisa  laporan  keuangan perusahaan,  seperti  analisa  rasio,  break  even  point  analysis, berbagai  grafik  dan  laporan  interaktif  yang  menarik  dan terintegrasi.

4. Accurate

Pertama kali di luncurkan untuk kalangan umum pada bulan November 1999, dengan memanfaatkan even pameran komputer, yaitu Indocomtech 1999 yang diselenggarakan di JHCC, Jakarta. No wonder kalau aplikasinya disesuaikan dengan lingkungan bisnis dan standar perpajakan di Indonesia.

Pemilik UMKM adalah mereka yang seringkali memanfaatkan software ini. Cara pengoperasian yang sangat mudah dan praktis, membuat software ini banyak dimanfaatkan terutama mereka yang merintis bisnis UKM. Standar pencatatan akuntansi yang digunakan juga sudah menggunakan standar akuntansi Indonesia. Sehingga penggunaannya jauh lebih mudah. Aplikasi ini adalah satu dari 2 aplikasi yang punya umur cukup panjang, yang satunya Zahir, yang terus menerus dikembangkan untuk mengakomodasi perkembangan teknologi yang cukup pesat.

5. Xero

Bicara tiga besar software akuntansi di dunia, maka Xero adalah software no 3 setelah MYOB dan Quickbooks.

Dan seperti sudah disampaikan di atas, kelima software di atas ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk mereka yang mencari alternatif aplikasi online, bisa mencoba untuk mengontrol bisnis UMKM dengan menggunakan aplikasi akuntansi online Google Sheets.

Mudah-mudahan artikel Software Akuntansi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk meng-share artikel ini pada teman fb atau di google plus, terima kasih !