Home » Contoh Akuntansi » Contoh Laporan Keuangan Koperasi 3 Tahun

Contoh Laporan Keuangan Koperasi 3 Tahun


Laporan Keuangan Koperasi. Mungkin sebagian dari kita membutuhkan contoh laporan untuk koperasi. Utamanya koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam. Berikut ini kami akan menampilkan laporan keuangan koperasi pertiga tahun yang pernah saya kerjakan.

Yang membedakan dari laporan keuangan pada lembaga lainnya, Laporan keuangan koperasi lebih mirip dengan laporan keuangan pada Bank. Cuman sifat koperasi yang biasanya berdikari (Tanpa cabang) tidak seperti bank yang memiliki banyak cabang.

Makanya dalam akuntansi bank, ada yang di sebut dengan proses kliring yaitu penjurnalan yang dilakukan dengan saat terjadi transaksi antar cabang atau antar bank. Misalnya saja anda adalah Nasabah Bank BRI Sidoarjo, lalu melakukan di Bank BRI surabaya. Namun mungkin saat ini proses ini sudah tidak lagi di gunakan dengan adanya sistem perbankan online. Tetapi proses penarikan beda bank mungkin masih menggunakan proses kliring pada Bank Indonesia.

Laporan keuangan koperasi yang membedakan dengan laporan keuangan lainnya adalah :

1. Modal koperasi tidak di katakan sebagai modal tetapi, pinjaman atau utang yang terdiri atas :

  • Simpanan Anggota (Wajib, Sukarela dan Sukarela)
  • Investasi Pihak Ketiga (Utang bank atau investasi pemerintah)

2. Karena tidak ada modal maka perubahan tidak ada laporan perubahan modal, tetapi yang di gantikan dengan laporan perubahan SHU.

Selanjutnya jika koperasi tersebut memiliki beberapa unit usaha, maka pembukuan koperasi sebagai induk hanya melakukan akumulasi atas neraca akhir dengan perhitungan pajak untuk tiap unit berbeda-beda di lihat dari bidang usahanya.

Berikut saya tampilkan contoh laporan keuangan koperasi dengan Usaha tunggal simpan pinjam.

Laporan Rugi Laba Koperasi

Laporan Neraca Koperasi

Laporan Perubahan SHU Koperasi

Mudah-mudahan ketiga contoh dari laporan keuangan koperasi ini bisa menjadi bahan referensi bagi anda yang membutuhkan.