Home » Akuntansi Dasar » Neraca Dan Unsurnya

Neraca Dan Unsurnya


Neraca Dan Unsur-nya. Kita sudah sangat akrab sekali dengan istilah yang satu ini, yaitu Neraca. Secara arti kata Neraca biasa juga di sebut dengan Timbagan. Jika di ambil sebuah definisi berdasarkan makna kata di atas maka Neraca merupakan sebuah laporan yang selalu dalam posisi seimbang. Dan itu mudah bukan untuk di pahami ?

Sedangkan jika di tinjau dari Ilmu akuntansi maka Neraca adalah Daftar yang di susun secara sistematis yang mengambarkan kondisi Harta, Utang dan modal sebuah perusahaan dalam posisi debet kredit yang seimbang.

Saya yakin anda sudah mulai mengerti tentang pengertian Neraca secara umum dan di tinjau dari Ilmu Akuntansi.

Berikutnya kita akan melihat, unsur apa saja yang ada dalam sebuah Neraca perusahaan menurut Ilmu akuntansi !

Unsur yang pertama adalah harta yaitu segala kekayaan yang dimiliki perusahaan dan memiliki manfaat di masa yang akan datang.

Harta terdiri atas :

Harta Lancar yaitu harta yang bisa untuk di cairkan berupa uang tunai atau manfaatnya adalah kurang dari satu tahun contohnya Kas, Kas Bank, Piutang, Perlengkapan, Persediaan Barang.

Harta Tetap yaitu harta yang memiliki nilai manfaat lebih dari satu tahun contohnya, peralatan, gedung kantor, kendaraan, tanah.

Harta Tidak Berwujud adalah harta yang tidak ada wujudnya contoh seperti goodwill, Hak Paten, Hak Cipta, Merk Dagang.

Selanjutnya Unsur yang kedua adalah Kewajiban yaitu yang harus di bayarkan kepada pihak ketiga

Kewajiban Terdiri atas :

Utang lancar yaitu Utang yang sifatnya mendesak dengan jangka waktu kurang dari setahun. Contohnya utang dangang, Utang ke supplier

Untang Jangka Panjang yaitu utang yang sifatnya tidak mendesak dan biasanya lebih dari setahun contoh Kredit Koran, Obligasi, Investasi Pihak ketiga.

Dan Unsur yang terakhir adalah Unsur modal yaitu selisih antara Harta di kurangi Utang.

Jadi dengan informasi ini yang singkat ini, dengan mudah kita sudah bisa membedakan unsur yang mana saja yang termasuk dalam bagian unsur Neraca pada Buku Besar untuk kita nantinya bentuk menjadi laporan Neraca Awal. Untuk melihat bentuk neraca baca artikel Bentuk Neraca Staffel Dan Scontro